Ashabul Kahfi, antara Jordan & Turki.

Kisah Ashabul Kahfi, cerita 7 pemuda yang ditidurkan 309 tahun dalam gua karena mempertahankan keimanannya. Kisah ini juga diceritakan dalam ajaran nasrani dengan kisah Seven Sleepers.

Kisah yang diceritakan di Al Quran dalam surat Al-Kahfi dan juga diceritakan dalam ijnjil nasrani. Kisah yang sama ini hanya terdapat satu perbedaan yaitu mengenai keyakinan soal lokasi gua tersebut. Seperti diceritakan dalam buku Kisah-kisah dalam Surat Al-Kahf (2019) karya Angga Mulyana, Ashabul Kahfi terjadi pada sebuah negari bernama Afasus yang dipimpin oleh seorang raja bernama Raja Decyanus yang memerintah pada 249 hingga 251 mesehi. Lokasi yang diyakini umat islam berada di Desa Alajib, Kota Abu Alanda, Jordania.




Sementara umat Islam di Turki dan umat Nasarani meyakini bahwa gua Ashabul Kahfi yang tepat berlokasi di Kota Tua Ephesus di Kusadasi Turki. Selain reruntuhan gua yang juga jadi obyek wisata dan seperti diceritakan ada kesamaan nama negeri yang memerintah yaitu Afasus dan kota tua Ephesus.




Mana yang harus kita imani dan yakini, Wallahu a'lam bish-shawabi.

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua