top of page

Itinerary express keliling Turki

Sejak pandemi berlangsung di Indonesia Februari 2019 sampai saat ini (cepat selesai) ada satu negara tujuan yang sudah mulai buka untuk wisata bahkan untuk WNI dari medio 2019. Turki sudah menerima wisatawan sejak Agustus 2019 samapai saat ini. Bermunculan penawaran wisata ke Turki dan penawaran itinerary nya juga beragam, yang membuat saya cukup kaget adalah yang exspress 8 hari 5 malam.

Saya sudah mulai pergi ke Turki sejak 2016, saat itu tidak ada itinerary yang dijual di pasar Indonesia secepat 8 Hari 5 Malam, ini artinya hanya 5 malam kita berada di Turki (Istanbul 1 malam, Kusadasi 1 Malam, Pamukkale 1 Malam, Cappadocia 2 Malam), tapi perlu jadi catatan kita juga bahwa 8 Hari 5 Malam dengan kombinasi Turkish Airlines akan terasa seperti 7 malam, karena kita akan tiba di Istanbul pagi hari jam 05.00 waktu Istanbul, dan kembali ke Jakarta jam 02.00 waktu Istanbul, ada 2 hari yang panjang dengan cukup waktu untuk kita berwisata atau keliling kota.

Bedah Itinerary 8 Hari 5 Malam

Mari kita bedah itinerary nya, dalam pembahasan ini saya hanya menggunakan Turkish Airlines sebagai penerbangan menuju Istanbul, karena hanya airlines ini yang cocok darisegi waktu, kalau kita bahas dengan airlines transit, pendapat saya buang buang waktu pergi ke Turki walaupun dengan harga yang relative murah.

Waktu tempuh penerbangan kurang lebih 11 jam, hari kedua tiba di Istanbul akan langsung menuju kota Bursa (perjalanan dalam bus 2,5 jam + Sarapan di jalan 1 jam) kita akan keluar Airport sekitar jam 07.00, jadi jam 10.00 kita tiba di Bursa untuk city tour 2 Obyek Utama (Grand Mosque & Green Mosque ) dan 1 obyek belanja (Obyek belanja tidak bisa dilewati oleh operator kalau tidak mampir belanja operator akan dikenakan pinalti yang artinya tidak ada subsidi dari pemerintah berarti harga tour kamu bakal naik).

Sebagai informasi operator perjalanan di Turki wajib mengunjungi minimal 5 obyek wisata belanja yang telah ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah, selain komisi dari tempat belanja itu sendiri.

Kita lanjutkan kamu akan makan siang di kota Bursa, kota yang terkenal saat musim dingin dengan Gunung Uludagnya ini merupakan kota kelahiran Kesultanan Utsmaniyah jadi memang wajib kita kunjungi, banyak arsitektur terutama mesjid yang tidak kalah dengan Istanbul. Perjalanan akan dilanjutkan ke Kusadasi sekitar 6 Jam perjalanan dari Bursa, kamu akan tiba sekitar jam 18.00-19.00, dan makan malam akan di sediakan di Hotel, malam pertama bermalam di Kusadasi.

Hari ketiga, 3 obyek wisata utama yaitu Ephesus, Cotton Castle & Hierapolis, 1 wisata belanja di "Leather Fashion Store". Perjalanan panjang sekitar 4 jam antara Kusadasi dan Pamukkale. Trip hari ini sudah bisa mengcover semua obyek utama. Bermalam di Pamukkale.

Hari keempat perjalanan akan panjang antara Pamukkale dan Cappadocia sekitar 6 jam dalam bus, dengan satu kota transit di Konya dan kunjungan obyek wisata di Konya "Mevlana / Jalaludin Rumi Museum". Bermalam di Cappadocia.

Hari Kelima akan lebih santai untuk eksplorasi Cappadocia.

Hari Keenam kita akan menuju Istanbul perjalanan sangat panjang sekitar 6-7 jam dengan dua obyek wisata yaitu Danau Garam dan Attaturk Mosleum di Ankara. Memasuki Istanbul sudah menjelang malam hari. Bermalam di Istanbul.

Hari ketujuh di Turki, eksplorasi obyek utama di Istanbul, kota tua Istanbul (Hagia Sophia & Blue Mosque), kemudian Bosporus Cruise, Grand Bazzar, terakhir Jalan Istiklal dan Taksim Square sampai waktu makan malam kemudian ke Airport.

Hari kedelapan terbang dengan Turkish Air jam 02.00 tiba di Jakarta jam 18.00

Kira kira seperti itu perjalanan exspress nya, menurut catatan saya sebenarnya hampir semua obyek utama di Istanbul dan Turki Tengah bisa dikunjungi, ada beberapa yang terlewat memang seperti Topkapi Museum, Pier Lotti Hills yang cantik. Paling tidak untuk mengisi album Instagram 8 hari 5 malam sudah cukup. Waktu 8 hari juga cocok dengan kebutuhan cuti dan masa libur rata rata wisatawan Indonesia.

Mungkin karena saya tidak terbiasa dengan model perjalanan seperti tadi saya cukup kaget, setiap orang punya waktu dan kebutuhan masing masing catatan tadi bisa jadi bahan pertimbangan mungkin jadwal itinerary ekspress memang cocok juga buat kamu.